21
Okt
16

Gowes Subang-Jatinangor

Kembali googling dulu, adakah jalan menuju Jatinangor dari Subang yang ‘layak’ untuk saya lalui, karena saya hampir  selalu mencari jalan mulus dan sendirian. Ternyata ada jalan potong langsung dari Subang/Jalan Cagak yang langsung ke Sumedang atau Jatinangor.

Tanggal 15 Oktober 2016 Sabtu pagi, saya mencoba jalur ini memakai sepeda Titus Motolite, sengaja saya memakai sepeda fullsusp karena saya belum yakin bagaimana kondisi jalannya. Sekitar pukul 08.30 saya start dari kota Subang menuju Jalan Cagak, jalannya sangat mulus dan cukup lebar namun ramai lalu lintas mungkin karena weekend. Makin menuju Jalan Cagak, jalan makin menanjak walaupun tidak terlalu ekstrim. Ternyata Jalan Cagak adalah suatu tempat dimana terdapat pertigaan seperti sebuah cagak, yang lurus menuju Tangkuban Parahu, yang belok kiri menuju Sumedang. Jarak tempuh sampai tempat ini sekitar 16km.

Saya mengambil jalur kiri, jalan masih mulus, datar dan banyak tukang jualan nanas dipinggir jalan. Tidak lama saya melalui perkebunan teh Kasomalang dengan pemandangannya yang bagus, sempat beristirahat dan foto-foto disini. Perjalanan dilanjutkan dengan banyak bertanya karena tidak tau desa setelah ini, berapa perkiraan jaraknya dan jalan mulus mulai naik turun namun halus. Ternyata tujuan berikut adalah desa Cikaramas di milestone tertera CKM dan tertera masih 20 km-an. Kanan kiri jalan masih banyak rumah penduduk bahkan ada ….mart, tempat favorit saya untuk istirahat sambil beli perbekalan.

Dari Cikaramas perjalanan saya lanjutkan lagi dengan tujuan berikut adalah desa Rancakalong. Milestone juga menunjukkan angka sekitar 20 km-an. Jalan aspal mulai berkurang kemulusannya, beberapa berlubang namun tidak dalam, agak menanjak sedikit dan berkelok-kelok, mengingatkan saya jalan di daerah kelok ampek ampek Sumbar. Disini saya mulai kelelahan, jalan sangat sepi, kanan jalan tebing, kiri jalan jurang, namun masih layak untuk mobil berpapasan karena ini memang jalur alternatif ke Sumedang. Beberapa kali saya berhenti untuk menormalkan irama jantung saya yang selalu diperingatkan oleh jabra pulse wireless yang saya pakai sambil mendengarkan lagu. Mulai mendekati Rancakalong cuaca mendung tebal dan akhirnya sampailah saya di Rancakalong dengan guyuran hujan lebat. Untung saya selalu membawa jas hujan, sehingga walaupun hujan saya tetap meneruskan perjalanan. 

Di Rancakalong saya beristirahat kembali, disini ada beberapa ruas jalan yang rusak/berbatu terutama saat menuju beberapa jembatan yang membentang diatas proyek jalan tol Cisumdawu ( Cileunyi-Sumedang-Dawuan ). Hujan lebat terus mengguyur selama perjalanan membuat perut lapar karena belum makan siang. Alhamdulillah ada tukang sate ayam madura yang baru mulai buka, lumayanlah 10 tusuk sate ayam + lontong untuk mengganti tenaga yang hilang. Jalan masih naik turun, walaupun halus namun badan sudah capek sangat. Akhirnya sampailah di jalan raya Tanjungsari, saya belok kanan yang kearah Jatinangor.

Sejak Tanjungsari jalan terus menurun namun tetap hujan lebat dan ramai lalu lintasnya sehingga tetap harus hati-hati.Akhirnya  pukul setengah 6 sore, sampailah saya di Jatinangor langsung ketempat kos anak saya dengan badan kotor penuh tanah dan basah kuyup. Jarak tempuh dari Rancakalong sekitar 20 km. 

Alhamdulillah perjalanan ini aman terkendali walaupun sangat menguras tenaga dan dibawah hujan lebat sehingga sedikit takut untuk melibas genangan air, siapa tau ada lubang dibawahnya. Akhirnya saya mendapatkan  rute alternatif untuk menengok anak saya sambil berolahraga.

Total jarak tempuh 71 km, total waktu tempuh 9 jam, total dehidrasi 2.5 l, total kalori 4300 kcal

Keep pedaling and healthy guys !


0 Responses to “Gowes Subang-Jatinangor”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: