Okt

Gowes ke Situs Gunung Padang Cianjur

Setelah melakukan browsing beberapa kali dan mencari info dari beberapa teman yang sudah pernah ketempat tersebut, berangkatlah saya bersama teman fisioterapis BMC. Awalnya kami akan berangkat bersama beberapa teman namun mereka mengundurkan diri karena berbagai sebab, akhirnya cuma kami berdua nekat berangkat.

Hari minggu 18 September 2016 jam 6 pagi kami berangkat dari BMC menuju puncak, cuaca lumayan dingin karena sedang musim hujan. Tidak banyak bertemu goweser krn mungkin memang masih pagi, alhamdulillah sekitar jam 10 kami sudah sampai mang ade. Perjalanan dilanjutkan menuju Cianjur, jalan menurun terus dan sepi, hanya ada tanjakan disekitar Cipanas menuju Pacet.Dari sini kami hampir tidak mengayuh pedal, kaki bisa istirahat setelah bekerja keras dari Bogor ke Puncak. Jarak dari Puncak sampai ke Cianjur sekitar 30 km, dalam 1 jam kami sudah masuk kota Cianjur. Setelah istirahat beberapa saat, perjalanan kami lanjutkan menuju arah Sukabumi yaitu Warung Kondang dimana terdapat pertigaan yang menuju Situs Gunung Padang. Jalur ini cukup lebar, datar dan mulus, kita bisa santai namun tetap harus berhati-hati karena banyak truk truk besar yang melintas. Setelah 10 km sampailah kami di papan penunjuk jalan menuju tujuan. Tertera disitu Situs Gunung Padang 20 km. Kebetulan didekatnya terdapat Indomart, sehingga kami bisa membeli perbekalan karena katanya setelah ini tidak ada toko lagi selain warung kecil.

Tanya sana sini kepada tukang ojek disekitar pertigaan, katanya jalannya aspal cukup bagus, ada beberapa yang rusak tapi untuk sepeda tidak masalah. Perjalanan kami lanjutkan perlahan-lahan, cuaca cukup mendukung sehingga kami tidak merasa lapar dan akhirnya lupa makan siang!…tidak ada rumah makan disepanjang jalan ini, kalau untuk sekedar beli indomie mungkin ada. Awalnya selama 13 km pemandangan sangat membosankan hanya rumah penduduk sampai daerah stasiun Lampegan. Disini kami istirahat sejenak setelah mengayuh sepeda selama 1.5 jam sambil mencari warung untuk mengisi perut. Stasiun Lampegan hanya 1 km dari tempat kami istirahat, maunya kesana tapi akhirnya kami tunda nanti saja pulangnya, toh akan melewati daerah ini lagi. Dari jalan utama menuju Situs Gunung Padang didaerah ini seperti huruf S, kalau terus kita menuju stasiun.

Perjalanan kami lanjutkan lagi, masih 7km menuju tujuan, jalan mulai menanjak halus dan agak berkelok dengan kanan kiri kebun teh. Alhamdulillah akhirnya dapat juga pemandangan yang lumayan, semakin lama semakin tinggi namun masih bisa digowes walaupun dengan sedikit termehek-mehek. Tepat pukul 14 sampailah kami di gapura Situs Gunung Padang, perjalanan kesini memerlukan waktu sekitar 1.5 jam dari Lampegan. Bagi yang membawa mobil, harus parkir disini dan disediakan tempat parkir yang cukup luas. Setelah foto-foto di gapura, perjalanan kami lanjutkan sekitar 500 m dengan tanjakan-tanjakan terakhir yang lumayan terjal.

Akhirnya sampailah kami di area parkir motor dan tempat beli karcis untuk masuk ke Situs, disini juga terdapat beberapa warung untuk makan sekadarnya.  Sepeda kami titipkan di warung, setelah membeli karcis seharga 5000 rupiah, kami siap untuk menaiki tangga menuju situs. Ada 2 pilihan, pilihan pertama melalui 300 anak tangga yg agak lebih landai atau pilihan kedua melalui 170 anak tangga yang lebih curam. Karena kaki sudah capek, kami putuskan melalui yang 300 anak tangga saja walaupun agak lama sedikit. Ternyata setelah 15 menit kami sudah sampai di hamparan batu-batu besar yang tidak beraturan bentuk, ukuran dan susunannya…luar biasa!!…inilah yang disebut Situs Megalitikum Gunung Padang…akhirnya setelah menunggu kesempatan selama 5 tahun, saya bisa kesini juga. Saya tidak bisa banyak berjalan lagi, kaki sudah capek…bahkan rasanya lebih capek menaiki 300 anak tangga daripada mengayuh ditanjakan.

Setelah foto-foto disana sini sekitar 30 menit, kami bersiap untuk kembali pulang. Untuk perjalanan pulang kami sudah siapkan mobil, karena berdasarkan info yang kami dapat, perjalanan dengan gowes pergi pulang sangat melelahkan. Dan ternyata betul, dalam perjalanan pulang turun hujan lebat sepanjang jalan dari Cianjur sampai Bogor. Tadinya kami rencanakan gowes lagi dari Puncak sampai Bogor apabila terjebak kemacetan namun karena lalulintas lancar, kami tetap menggunakan mobil.

Alhamdulillah keinginan untuk melihat Situs Gunung Padang tercapai sudah, perjalananpun kami lalui dengan aman terkendali. K

0 Responses to “Gowes ke Situs Gunung Padang Cianjur”