11
Jan
13

cycling across the heavy fog..Paseban, Megamendung 1206 asl

CIMG7193_resized CIMG7149_resized CIMG7163_resized CIMG7165_resized CIMG7170_resized cimg7175f_resizedMinggu , 6 Januari 2013..dari kemarin memang sdh ingin untuk gowes ke Paseban, ternyata mau berangkat jam 6 pagi diluar masih hujan. Saya menunggu sampai jam 6.45 masih tetap hujan, akhirnya saya putuskan untuk tetap berangkat. Eh, baru mau keluar kompleks di stop sama polisi, karena RI 1 mau main golf di Danau Bogor Raya…semua kendaraan harus menepi dan berhenti. Setelah menunggu sekitar 15 menit rombongan lewat, saya pun mulai start kearah Katulampa, menyusuri jalan tol sampai jembatan Gadog dibawah siraman hujan. Istirahat sarapan dulu di pertigaan Cilember buat persiapan tenaga sebelum memulai tanjakan-tanjakan disekitar Clember. Sampai belokan jalan Pesantren hujan mulai gerimis, namun mulai tanjakan terjal pertama cuaca koq cerah ya ?. Saya teruskan perjalanan, tidak lama kembali diguyur hujan sampai warung pertigaan Curug Panjang. Disini saya istirahat lagi untuk minum teh manis hangat sambil mengatur nafas. Hujan mulai lebat disertai kabut, apaboleh buat..sudah point of no return, tinggal 3 km lagi..tapi semua terdiri dari tanjakan semen dengan beberapa jalur makadam. Akhirnya saya menyerah, daripada celaka karena tanjakannya licin saya tuntun saja sepeda saya. Semakin keatas kabut dan hujan semakin deras, sampai sampai ujung dari tanjakan semen tidak bisa terlihat seperti biasanya. Akhirnya dengan termehek-mehek ditanjakan sampai juga saya di lapangan Paseban yang htertuutup kabut tebal sehingga sekitarnya tidak terlihat sama sekali. Beruntung satu satunya warung disana tetap buka dan si ibu masih mengenali saya dan menyambut saya dengan ramah..pasti masih ingat karena saya pernah ngutang makan disini gara gara uang saya jatuh dijalan🙂..trek Paseban masih sama seperti 1 bulan yang lalu ketika kesana bersama eNTe dan kawan kawan, juga ketika bersama 2 orang teman saya, namun dibeberapa tempat terdapat longsor akibat curah hujan yang cukup tinggi. Sambil makan indomie telur dan kopi three in one saya ngobrol bersama si ibu warung. Kampung Paseban ini hanya terdiri dari beberapa puluh kepala keluarga dengan pekerjaan berkebun/buruh, tidak ada sekolah dasar, anak anak sekolah di Curug Panjang atau Cilember..kebayang berangkatnya harus jam berapa dan melewati jalur yang tidak mudah. Kepasar harus ke Cisarua dengan biaya 70.00 rupiah pulang pergi naik ojeg. Listrik berasal dari turbin tenaga air Curug Cibulao diatas Curug Panjang yang menerangi seluruh kampung, beberapa hari yang lalu disambar petir dan memerlukan biaya perbaikan 9 juta rupiah yang ditanggung oleh penduduk. Televisi dapat dinikmati namun dengan gambar yang kwalitasnya kurang bagus dan warnanya kadang-kadang hilang. Provider hanya XL yang bisa, itupun juga hilang timbul. Entah mengapa kampung ini seperti punya magnet buat saya, padahal untuk kesana buat saya lumayan berat, tapi saya berusaha menikmati semua tanjakannya, nggak kuat ya dituntun saja yang penting selamat dan sampai di tempat. Tempat ini saya rasakan seperti Sukamantri, tenang..teduh dan damai, jauh dari keramaian dengan penduduknya yang ramah. Setelah mie habis, hujan dan kabut tidak juga hilang, saya pamit untuk pulang. Perjalanan pulang bagi saya lebih mengerikan karena turunanannya cukup curam dan saya paling tidak suka dengan turunan. Saya mengambil jalur pulang seperti jalur berangkat, karena rasanya saya lebih pede daripada saya harus lewat offroad ke Curug Panjang walaupun sedikit. Alhamdulillah perjalanan hari ini aman terkendali walaupun dengan sedikit kesulitan dan tetap kehujanan sampai rumah…Hasta la Vista Paseban..see you next time !

0 Responses to “cycling across the heavy fog..Paseban, Megamendung 1206 asl”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

