08
Feb
12

gowes bogor – sukamakmur sentul – cimacan, 8 januari 2012

Berawal dari ngobrol santai dengan mang Enday Gowel Bogor sambil menunggu putranya yang sedang operasi di RS BMC, saya minta informasi jalur Sukamakmur-Kota Bunga. Kata mang Enday, itu salah satu jalur yang wajib dicoba dengan tanjakannya yang ajib tenan full onroad. Akhirnya info tersebut saya bicarakan dengan Bagus Radityo dan adik saya dr. Bambang Nugroho..langsung disambut dengan antusias dan segera direalisasikan rute tersebut, tidak sampe satu hari gowes dadakan ini mendapat respons dari 8 orang tim HSBC ( Bagus, Ayu, Arep, om Toriq, Aby Dimas dan 2 temannya dan saya sendiri ) sementara dari BMC terkumpul 8 peserta.
8 Januari 2012 HSBC berangkat dari rumah dalam keadaan hujan deras, sementara BMC berangkat dari RS dengan mobil pendukung 1 pick up dan 1 ambulans. Setelah makan di babakan Madang dan regrouping di pertigaan PSK Gn Pantjar berangkat 16 orang goweser hujan2an. Ternyata medannya memang ajib tenan spt kata mang Enday…terdiri tanjakan halus dan kasar ( hehehe )..naik dari ketinggian 240 mdpl ke 530 mdpl, turun curam ke 490 mdpl langsung naik lagi ke 530 mdpl..bener2 spt main yoyo ! Berkali-kali kami menemukan jalur rolling spt itu yang menguras tenaga. Namun kami tetap semangat dan hati2 karena sepanjang jalan sampai pertigaan Sukamakmur diguyur hujan yang hilang timbul. Akhirnya setelah beberapa kali regrouping karena ada yang kram, ada yang pengen foto2 dulu sambil ambil napas, ada yang pengen naik pick up aja, bahkan ada yang pengen nyobain gimana sih rasanya naik ambulans..hehehe..ternyata enak juga naik ambulans dalam keadaan sehat…adeeem !
Sampai Curug Ciherang/Cipamingkis kembali kami foto2…tanjakan ajib sebagian besar sudah terlewati karena sudah memasuki hutan pinus, perjalanan dilanjutkan kembali karena hari sudah sore melewati hutan pinus yang sepi, adem dan jalan aspal sedikit rusak..medan sudah mulai menurun karena di hutan pinus ketinggian sdh mencapai 1240 mdpl. Akhirnya haripun semakin gelap menjelang jam 6 sore, saya sudah sulit melihat medan karena lampu tertinggal di ambulans dan untuk menyingkat waktu saya minta di evakuasi saja di km 50 di ketinggian 1140 mdpl sebelum kampung Cinengah. Kami semua naik ambulans sementara 16 sepeda ditumpuk di pick up..wallahualam, mungkin hari ini keliatan sepedanya gores2 semua.
Kami keluar di Hanjawar Cimacan dan langsung menuju PSK di Rindu Alam untuk santap malam sesuai saran om Toriq, ternyata memang maknyus om !
Perjalanan berakhir di RS BMC jam 22.15..alhamdulillah perjalanan aman terkendali..semua senang walaupun capek, kita mendapatkan jalur baru yang sepertinya nggak akan dicoba lagi naik sepedašŸ™‚
Salut buat teman2 BMC yang tetap semangat gowes sambil hujan2an, buat teman2 HSBC yang pantang menyerah terutama Ayu..semua tanjakan dilibas dengan kepala menunduk senunduk nunduknya !..buat Arep, jangan kapok ya..nanti kita cari tanjakan lagi, tks telornya..hehehe..
Terimakasih banyak buat adik saya dr Bambang Nugroho yang telah memfasilitasi dan merealisasikan acara gowes paling jontor inišŸ™‚
Semoga tidak kapok menemukan jalur2 seperti ini…sampai bertemu dalam gowes gabungan berikutnya, tidak perlu buru2 yang penting aman terkendali..dan fun and healthy !


4 Responses to “gowes bogor – sukamakmur sentul – cimacan, 8 januari 2012”


  1. 1 Ery Prayoga
    Mei 5, 2013 pukul 11:44 pm

    Rutenya lewat mana Om? gun pancar uterus naik ya?

    • 2 hidajat nerviadi
      Mei 6, 2013 pukul 4:52 pm

      betul om Ery..GN Pantjar kearah Cibadak kemudian belok kanan kearah Cipamingkis lurus terus melalui hutan pinus ke KotaBunga Cipanas

  2. 3 iyus
    September 15, 2013 pukul 9:22 pm

    Om, tdk pakai GPS ya? Biar bisa lihat peta. Mantap routenya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: