01
Jun
11

Curug Sawer, Bogor

28 Mei 2011…penasaran katanya ada curug yang namanya Curug Sawer deket Curug Nangka, pagi ini saya mencoba menemukan curug tersebut.
Perjalanan dimulai dari BNR kearah Curug Nangka, sampai pertigaan belok kekanan kearah Curug Luhur. Sampai pertigaan ke Curug Luhur/Gn Bunder terdapat banner yg menunjukkan arah Curug Sawer, mengikuti jalan aspal menurun sekitar 1 km, akhirnya bertemu dengan belokan ke kiri, juga terdapat spanduk Curug Sawer. Setelah membayar tiket masuk sebesar rp 10.000, saya diharuskan menitipkan sepeda di kantor.
Namun karena saya ingin tahu bagaimana tracknya akhirnya saya minta ijin sepeda saya bawa, ternyata tracknya naik turun tangga buatan dari batu atau semen dan hanya yang punya nyali saja yang berani menuruninya. Akhirnya sepeda saya gotong naik turun tangga sampai Café Gugunungan dimana kita bisa beristirahat sambil lesehan menikmati keindahan Curug Sawer dari kejauhan. Sebetulnya kita bisa mendekat lagi ke Curug namun karena harus turun lagi melalui tangga tanah dan sudah lelah, akhirnya saya putuskan untuk sampai café saja.
Menurut pengelola Curug Sawer nantinya akan dibuat track jalan kaki atau sepeda mengelilingi perbukitan sekitarnya dan diharapkan sebelum lebaran sudah selesai.
Perjalanan dari BNR 12.3 km, elevasi 600 mdpl dengan jalur full onroad. Alhamdulillah perjalanan aman terkendali dan bisa menemukan 1 curug lagi.


2 Responses to “Curug Sawer, Bogor”


  1. Juni 18, 2011 pukul 5:35 pm

    terima kasih atas kunjungannya ketempat kami. salam kenal

    • 2 hidajat nerviadi
      Juni 22, 2011 pukul 12:31 pm

      Terimakasih sama2 atas sambutannya sewaktu saya kesana mas, setelah saya kesana beberapa teman dari RS Bogor Medical Center juga berkunjung kesana setelah saya beri petunjuk arahnya dari Ciomas..semoga sikses selalu.


Tinggalkan Balasan

